Senin, 25 Agustus 2008

TATA CARA SHOLAT JENAZAH



  • KETENTUAN KHUSUS:
    orang yang mensholatkan jenazah harus telah memenuhi syarat sahnya sholat
    berdiri menghadap kiblat dengan jenazah di sebelah arah kiblat, jenazah di depan imam
    shalat jenazah sebaiknya dilakukan secara berjamaah
    mengenai ketentuan sejumlah 3 shof, bukanlah suatu keharusan
    imam menempatkan diri pada arah kepala jenazah laki-laki, dan pada arah tengah badan (pinggang) jenazah perempuan
    shof laki-laki dimuka, shof perempuan di belakang
    CARA SHALAT JENAZAH :
    Niat ikhlas lillahi ta’ala di dalam hati
    Takbir Pertama, bertakbir, sedekap dan membaca Surat Al-Fatihah
    Takbir Kedua, bertakbir, sedekap dan membaca doa Shalawat ; “Allahumma Sholli Ala Muhammad wa ala ali Muhammad …… inaka hamidummajid”.
    Takbir Ketiga, bertakbir, sedekap dan membaca doa .; Allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wawasi’ madkholahu waghsilhu bi mai wa tsalji wa barad wa naqihi minal khothoya kama yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanas wa abdilhu daaroon khoiroon min daarihi wa ahlaan khoiroon min ahlihi wa zaujan khoiroon min zaujihi waqihi fitnatal qobri wa adzaban naar..
    Takbir Keempat, bertakbir, sedekap dan membaca doa ; “Allahummaghfir lihainaa wa mayyitinaa wa shoghirinaa wa kabiirina wa dzakarinaa wa untsaanaa wa syaahidinaa wa ghooibinaa, Allahumma man ahyaitahu minnaa faahyihi alal iimaan wa man tawaffaitahu minna fatawffahu alal islaam, Allahumma la tahrimna ajrohu wa laa tudhillanaa bakdahu” artinya : Ya Allah berilah ampunan untuk orang orang kami yang hidup dan mati, yang muda dan yang tua, yang pria dan yang wanita, yang hadir dan yang tidak, // Ya Allah kepada orang yang Kau hidupkan diantara kami, maka hidupkanlah diatas iman dan kepada yang Kau matikan dari kami, maka matikanlah diatas Islam, // Ya Allah, Janganlah Engkau menjauhkan kami dari pahalanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sesudahnya.. +)
    Salam ke kekanan dan kekiri, kemudian menurunkan tangan dari sedekap.
    +). Bila yang meninggal adalah anak anak, tambahan doa ; Allahummaj’alhu lanaa farothoo wa salafaan wa ajroon “ artinya : Ya Allah jadikanlah ia sebagai pendahulu (penjemput) , tabungan serta pahala bagi kami.

Tidak ada komentar: